KISI-SISI SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020 BAHASA INDONESIA SMP/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL




KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2019/2020 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 


No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-   Memaknai
Menentukan  makna kata/kalimat pada teks
Disajikan kalimat, siswa mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
1.       
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, peserta didik mampu menentukan maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat.
2.       
Menentukan informasi tersurat teks
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
3.       
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), peserta didik dapat menetukan jawaban pertanyaan tentang isi teks tersebut dengan tepat.
4.       
Menentukan bagian teks
Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan pertentangan dengan tepat.
5.       
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menentukan ide pokok
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , peserta didik dapat ide pokok paragraf tersebut dengan tepat.
6.       
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik dapat menentukan menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat.
7.       
Menyimpulkan isi teks
Disajikan teks yang terdiri 5-6 kalimat, peserta didik dapat menentukan simpulan isi paragraf dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan pernyataan persetujuan pada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat.
9.       
Meringkas isi teks
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), peserta didik dapat menentukan ringkasan teks tersebut dengan tepat.
10.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks

Disajikan dua buah teks, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat.
11.   
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
12.   
Menilai keunggulan/kelemahan teks
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan keunggulan/kelemahan  buku pada teks dengan tepat

13.   
Mengomentari isi teks

Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat.
14.   
2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu mengartikan kata pada cerpen/fabel dengan tepat.
15.   
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat
16.   
menentukan bagian cerpen dan fabel
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bagian komplikasi pada teks tersebut  dengan tepat.
17.   

Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat.
18.   
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
19.   
Disajikan teks cerita moral/fabel (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan amanat cerita teks tersebut dengan tepat.
20.   
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
Disajikan teks cerita pendek(2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan sebab konflik cerita pada teks tersebut dengan tepat.
21.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), peserta didik menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan tepat.
22.   
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
Disajikan du kutipan cerpen, siswa mampu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan cerpen dengan tepat
23.   
menunjukkan bukti latar dan watak
Disajikan teks cerita pendek (2-3 paragraf), peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
24.   
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
25.   
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa mampu mengomentari isi cerita dengan tepat.
26.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
27.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, peserta didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
28.   
melengkapi paragraf
Disajikan penggalan teks prosedur yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
29.   
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks (konjungsi) yang tepat.
30.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memvariasikan kata
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
31.   
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
32.   
menulis dengan ilustrasi tertentu
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
33.   
Mengubah teks ke bentuk lain
Disajikan kutipan teks drama, peserta didik dapat menentukan cerpen yang tepat sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
34.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-     Memaknai
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
35.   
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
36.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip

menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
37.   
mengisi konjungsi dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
38.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat.
39.   
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, peserta didik dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut dengan tepat .
40.   
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat.
41.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat.
42.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengidentifikasi
- Menentukan
-        Memaknai
Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat.
43.   
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
44.   
Aplikasi
-   Menyimpulkan
-   Menggunakan konsep/prinsip


Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu menggunakan kata depan dengan tepat.
45.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat.
46.   
Penalaran
-     Mengevaluasi
-     Membandingkan pola (menganalisis)
-     Menanggapi
-     Memvariasikan

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.


47.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat.
48.   
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
49.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat.
50.   



LihatTutupKomentar