SOAL PERSIAPAN UN DAN UJIAN SEKOLAH SMP TAHUN 2020 MAPEL BAHASA INDONESIA DAN KUNCI JAWABAN (PAKET 1)
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 3!
Kehadiran taman dalam sebuah hunian sangat penting. Keberadaannya mampu memberikan elemen penyejuk dan penyegar. Seberapa pun luas ukurannya, jika taman ditata apik, tentu akan sedap dipandang mata. Selain itu, tentu saja dapat menambah nilai estetika sebuah hunian.
Dengan semakin terbatasnya lahan terbuka bukan berarti membuat taman menjadi hal yang mustahil. Kita dapat menyiasatinya dengan berbagai cara. Kita dapat memanfaatkan pot-pot cantik dan menyesuaikan jenis tanaman dengan kondisi taman. Penyusunan pot-pot tanaman yang tepat akan memberikan efek yang sangat baik sehingga tidak memberi kesan tanaman di taman itu berjubel.
1. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada paragraf pertama teks tersebut adalah…
A. Bagaimana menyiasati taman agar dapat menambah nilai ekonomis suatu hunian?
B. Mengapa taman sangat penting bagi sebuah hunian?
C. Di mana pot-pot tanaman diletakkan dalam sebuah taman yang sempit?
D. Siapa saja yang bertanggung jawab untuk merawat taman pada sebuah hunian?
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua teks tersebut adalah…
A. Lahan terbuka yang terbatas membuat keberadaan taman menjadi hal yang mustahil.
B. Lahan yang luas dapat diatasi dengan pemilihan jenis tanaman.
C. Keberadaan taman akan menambah nilai estetika sebuah hunian.
D. Nilai estetika sebuah taman ditentukan oleh luas, letak, dan isi tanamannya.
3. Makna elemen dalam teks tersebut adalah....
A. bagian penting
B. fungsi
C. manfaat
D. nilai tambah
4. Bacalah teks berikut!
Sifat manusia yang kurang baik seperti pemarah, penghasut, iri dengki dan tabiat negatif lainnya akan menjadi kotoran batin. Jika tidak ada upaya perbaikan, effek yang bakal ditimbulkan akan menjadi sangat berbahaya. Fisik kita sangat dipengaruhi oleh batin kita. Tubuh yang terserang penyakit batiniah pada akhirnya akan mengimbas pada penyakit lahiriah.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. Iri dan dengki merupakan sifat yang perlu diabaikan.
B. Pemarah dan penghasut merupakan penyakit lahiriah.
C. Sifat negatif manusia dapat menjadi kotoran batin
D. Penyakit lahiriah selalu berimbas pada penyakit batiniah.
5. Bacalah teks berikut!
(1) Apabila kita masuk ke ruangan perpustakaan tersebut kesan pertama yang terasa adalah bersih, teratur, dan menyenangkan. (2) Pengaturan buku-buku maupun dekorasi ruangannya serba baik. (3). Buku-bukunya relatif lengkap dan terawat rapi. (4) Semua ini menjadi alasan, mengapa perpustakaan sekolah itu dinobatkan sebagai perpustakaan teladan tingkat nasional.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
TEKS 1 | TEKS 2 |
Yogyakarta kembali diguyur hujan selama 6 jam yang menyebabkan beberapa wilayah dilanda banjir. Jalan Kolombo tergenang air setinggi paha orang dewasa, Sedangkan di Janti lalu lintas macet total akibat ketinggian air mencapai 50 cm. | Jumat (3/12) sore, Pulau Sumbawa kembali diguncang gempa dengan amplitudo 5,6. Sejak tiga hari terakhir gempa terus terjadi dengan kekuatan yang tidak sama. Sejak gempa yang memakan banyak korban pekan lalu, masyarakat terus merasa khawatir. |
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah
| Teks 1 | Teks 2 |
A | urutan tempat | urutan waktu |
B | urutan umum | urutan ruang |
C | urutan peristiwa | urutan khusus |
D | urutan pelaku | urutan peristiwa |
7. Bacalah teks berikut!
(1) Karena sekolah kami ditunjuk mewakili kabupaten dalam lomba sekolah adiwiyata tingkat provinsi, kami berkunjung ke SMP Citra untuk melakukan studi banding. (2) Meskipun diputuskan secara mendadak, kegiatan di sekolah pemenang adiwiyata tingkat nasional itu tetap berjalan lancar. (3) Sekolah itu mempunyai lingkungan yang nyaman dan asri serta pepohonan rindang. (3) Selain itu, sekolah yang terletak di luar kota itu memiliki luas tanah yang mencukupi sehingga ada ruang untuk menciptakan hutan sekolah yang terdiri atas berbagai jenis tanaman.
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
8. Bacalah teks berikut!
(1) Pemerintah memutuskan seluruh sekolah harus sudah melaksanaan ujian nasional berbasis komputer pada tahun pelajaran 2019/2020 nanti. (2) Sebenarnya belum semua sekolah siap dengan rencana itu (3) Pengadaaan komputer dan meningkatkan daya listrik membutuhkan beaya yang tidak sedikit. (4) Meskipun begitu, semua harus mengakui bahwa ujian nasional berbasis komputer lebih praktis dan ekonomis bila dibandingkan dengan kertas dan tulis.
Kalimat yang menyatakan persetujuan ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
9. Bacalah teks berikut!
(1)”Jika aku dengar engkau berbicara tadi, seakan aku yakin padamu. Dan ada timbul rasa sayangku padamu,” kata Iesye, “akan tetapi kemudian timbul sangsi padaku, apakah itu semua tidak permainan kata-kata saja bagimu. (2) Lagi pula engkau seorang muda, tapi tiba-tiba telah jadi kaya raya begini. Rasanya menjijikkan orang-orang muda ikut memperkaya diri mereka sedang keadaan rakyat kita tersia-sia seperti sekarang ini. Aku tidak tahu apa mesti kupikir tentang engkau, Yon?”
(3) Suryono terdiam menatap malam di depan kaca mobil, dan dalam pikirannya timbul pengakuan, “Engkau benar Ies, engkau tahu aku. (4) Aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa. Aku pun sudah kehilangan pegangan, penuh kegelisahan dan ketakutan.”
Bukti watak Iesye yang ragu ditandai dengan nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
10. Bacalah teks berikut!
Meskipun kembar, anak pasangan Pak Tarno dan Bu Nety yang hobi bermain musik itu memiliki kesukaan yang berbeda. Tidak seperti halnya Badu yang lebih suka menghabiskan hari-harinya dengan membaca buku, Budi lebih suka melakukan aktivitas yang bersifat fisik. Selain novel-novel klasik, Badu juga suka pada buku-buku ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan tehnologi. Sedangkan basket, renang, dan sepakbola yang merupakaan kesukaan adik kembarnya sama sekali tidak menarik baginya.
Kebiasaan yang dilakukan tokoh Budi adalah....
A. berolahraga
B. bermain musik
C. membaca
D. membaca dan berolahraga
11. Bacalah teks berikut!
Sampai di rumah Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ia sangat kesal karena dagangannya tidak laku. Ketika ditanya oleh istrinya, ia tidak mau menjawab. Istrinya makin cemas. Dibuatkannya minuman dan disediakannya jagung rebus beberapa buah.
Lepas siang hari Pak Salim mulai mau bangun. Sambil menunggui istrinya yang sedang menyetrika ia menggerutu, “Besok, saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan tidak adil mengapa orang lain diberi kemudahan dalam usaha, saya tidak.”
”Jangan begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau berdagang hanya karena ingin meniru Parmin. Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri,” jawab isterinya.
Amanat yang terdapat pada cuplikan cerpen tersebut adalah…
A. Kita tidak boleh menasihati dengan cara yang kasar!
B. Jangan menyalahkan suami yang sedang mengalami kegagalan!
C. Kita tidak boleh bohong walaupun sedang sakit!
D. Jangan menyerah menghadapi persoalan!
12. Bacalah teks berikut!
(1) Selain banjir, musim hujan juga menimbulkan dampak lain, yaitu mewabahnya demam berdarah. (2) Dari pantaun Kantor Berita Antara, penderita demam berdarah yang dirawat di RSUD Kajen meningkat 50% bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. (3) Untuk mengatasi membludaknya jumlah pasien, pihak rumah sakit memanfaatkan beberapa ruang yang sebelumnya untuk gudang. (4) Selain itu, lahan parkir juga diperluas agar para pembezuk pasien merasa nyaman saat memarkirkan kendaraannya.
Kalimat tidak padu ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
13. Bacalah teks berikut!
(1) Jika rajin belajar, sebenarnya tidak akan ada kasus siswa yang nilainya di bawah Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). (2) Pada dasarnya sebagian besar siswa di sekolah mana pun memiliki potensi otak yang sama. (3) Dari hasil penelitian, rata-rata bangsa di dunia memiliki IQ 90-110. (4) Hanya saja anak-anak yang hasil belajarnya tergolong baik terbiasa mengasah otaknya, sedangkan yang lainnya tetap membiarkannya tumpul.
Maksud kalimat yang ditandai nomor satu (1) adalah...
A. Siswa belajar dengan rajin karena nilainya di bawah KKM.
B. Semua siswa pasti menjadi pandai setelah rajin belajar.
C. Kemalasan akan mengakibatkan kegagalan di semua bidang.
D. Penyebab siswa mempunyai nilai jelek adalah malas belajar.
14. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Di Makam itu terdapat 8 bangunan yang berisi 38 buah makam.
(2) Di antaranya terdapat makam Ki Gede Ing Suro yang merupakan cikal bakal raja-raja Palembang.
(3) Pelembang ternyata menyimpan ragam objek wisata yang layak untuk dikunjungi.
(4) Makam yang terletak di Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II dibangun pada pertengahan abad XVI.
(5) Salah satunya ialah tempat wisata unik, yakni mengunjungi Makam Ki Gede Ing Suro.
Urutan kalimat agar membentuk laporan yang baik adalah....
A. (1), (4), (2), (5), (3)
B. (1), (2), (3), (5), (4)
C. (3), (5), (4), (1), (2)
D. (5), (2), (1), (4), (3)
15. Bacalah teks berikut!
Tabel Minat Sekolah Sasaran Siswa SMP Andalan
Kelas | Putra | Putri |
SMA IPA | 23 | 24 |
SMA IPS | 27 | 35 |
SMK Teknik | 31 | 9 |
SMK Administrasi | 9 | 34 |
Jumlah | 90 | 102 |
Laporan sesuai data tabel adalah....
A. Jumlah yang berminat masuk ke SMK lebih banyak siswa putri, sedangkan jumlah yang berminat masuk ke SMA lebih banyak siswa putra.
B. Jumlah yang ingin masuk SMA IPS didominasi siswa putri, sedangkan siswa putra kurang berminat pada SMK Administrasi karena dianggap kurang memberikan tantangan.
C. Dari 192 siswa SMP Andalan, seluruhnya berminat melanjutkan sekolah. Sebagian besar siswa ingin melanjutkan ke SMA, sebagian lagi ke SMK. Adapun jurusan di SMK yang jadi favorit siswa putra adalah teknik sedangkan SMK administrasi lebih banyak dipilih siswa putri.
D. Siswa putri lebih menyukai masuk SMA IPS dan SMK jurusan Administrasi karena memberikan peluang bekerja yang lebih besar. Siswa putra lebih menyukai masuk SMA IPA dan SMK jurusan teknik karena lulusannya banyak diminati perusahaan di luar negeri.
16. Bacalah teks berikut!
Husnul mengendap mendekati jendela kamarnya. Perlahan sekali jendela dibuka, tidak ada suara kecuali napasnya yang memantul ke jendela. Dia layangkan kaki kanannya ‘jreg’ menyentuh lantai kamarnya. ‘Byar’ tiba-tiba lampu kamarnya menyala. Nampak ayahnya dengan wajah merah padam menatap tajam Husnul. Ayah mengoceh sejadi-jadinya. Husnul berusaha membela diri, tapi upayanya sia-sia, ayah tak percaya. Akhirnya ibu melerai pertengkaran itu.
Penulisan ulang teks tersebut dalam bentuk lain yang paling sesuai adalah...
A. (Suasana hening, malam semakin larut. Suara jangkrik bersenyawa sempurna dengan gelap)
Husnul Ayah Husnul Ayah Ibu | : : : : : | (Mengendap-endap mendekati jendela kamarnya. Dia masuk perlahan-lahan. Tiba-tiba lampu menyala) (Sudah berdiri, dengan wajah merah padam) Kamu lagi! Kapan kelakuanmu akan berubah! (kaget) Anu, Yah. Saya tadi …. Sudah, tidak usah cari-cari alasan kamu! (datang setengah berlari) Udah, Yah. Jangan teriak-teriak. Nggak enak sama tetangga |
B. (Suasana senyap, malam semakin larut. Sesosok bayangan memasuki sebuah kamar)
Husnul Ayah Husnul Ayah Ibu Husnul | : : : : : : | (terburu-buru membuka pintu) (menyalakan lampu) Dari mana, Nul? Dari rumah Sarmali, Yah. Oh …, kamu mulai pandai berbohong? Ngaku, dari mana? Udahlah, Yah. Masalah itu kita bicarakan besok saja. Ya, Yah. nanti saya ceritakan yang sebenarnya. |
C. (Hujan baru reda mengguyur kota-kota di Indonesia. Jalan-jalan lengang, kaku, membujur. Sesosok bayangan mengendap-endap mendekati kamar Husnul)
Bayangan Husnul Bayangan Ayah Bayangan Husnul Ayah Husnul Ibu | : : : : : : : | Ini kamarnya? (mendekati jendela) (masuk dengan kaki kanan terlebih dahulu) (menyalakan lampu kamar) (kaget dan berlari) Siapa, Yah? Dari mana kamu! Dari rumah teman. Sudahlah, Yah, Kita tanyai besok aja. |
D. (Suasana hening, senyap. Malam sudah larut. Sesosok bayangan mengendap-ngendap)
Husnul Ayah Husnul Ayah Ibu Ayah Ibu | : : : : : : : | (masuk melalui lubang) (menyalakan lampu dan akan memukul Husnul dengan kayu) (teriak) Ayah, ayah ini Husnul! Oh, kamu. Ayah kira maling. Ngeluyur dari mana kamu? Ada pa sih, Yah? Ini Husnul baru pulang malam-malam. Ya sudah. Tadi pamitnya belajar. Suruh tidur dia. |
17. Bacalah teks berikut!
“Saya betul-betul sedang memerlukan makanan itu, Kawan! Katamu akan dikembalikan besok?” pinta Kuda Putih setengah mengemis.
“Ah, begitu saja kamu tidak percaya! Aku, kan, temanmu! Makanan yang aku pinjam kemarin pasti akan aku kembalikan!“ Kuda Hitam berteriak dan menunjuk-nunjuk Kuda Putih.
Kuda Putih bukan main terkejutnya mendengar teriakan temannya. Beberapa penghuni hutan segera mendekati. Kuda Putih segera meninggalkan teman yang ingkar janji itu. Hatinya kecewa mendengar ucapan temannya. Terlebih lagi ketika teringat Kuda Cokelat yang sedang sakit. Si Kuda Cokelat itu pasti sedih jika dia datang tanpa membawa apa-apa.
Komentar yang tepat terhadap isi kutipan tersebut adalah...
A. Tindakan yang bijaksana jika si Kuda Hitam tidak mengingkari ucapannya.
B. Seharusnya si Kuda Putih menepati janji yang sudah dikatakannya.
C. Boleh saja saling pinjam antarteman, tapi jangan cepat-cepat diminta kembali.
D. Membantu teman sangat baik, tapi harus lihat kemampuan orang lain.
18. Bacalah kalimat berikut!
Menteri luar negeri Retno Marsudi memimpin Delegasi Negara Indonesia dalam lawatannya ke republik Kongo.
Perbaikan ejaan yang tepat adalah...
A. Menteri luar negeri, Retno Marsudi, memimpin Delegasi Negara Indonesia dalam lawatannya ke Republik Kongo.
B. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, memimpin Delegasi Negara Indonesia dalam lawatannya ke republik Kongo.
C. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, memimpin delegasi negara Indonesia dalam lawatannya ke Republik Kongo.
D. Menteri luar negeri, Retno Marsudi, memimpin delegasi Negara Indonesia dalam lawatannya ke Republik Kongo.
19. Bacalah kalimat berikut!
Di SMP Tunas Harapan mengajarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler beberapa guru.
Perbaikan kalimat yang tepat adalah...
A. Di SMP beberapa guru mengajarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler Tunas Harapan.
B. Di SMP Tunas Harapan beberapa guru mengajarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
C. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler di SMP Tunas Harapan mengajarkan beberapa guru.
D. Mengajarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di beberapa guru SMP Tunas Harapan.
20. Bacalah teks berikut!
(1) Juara lomba menulis puisi balada tingkat kota mendapat hadiah piala dan piagam.(2) Piala itu diserahkan langsung oleh Ketua Panitia.(3) Panitia dibentuk sebelum pelaksanaan lomba.(4) Selain piala dan piagam, ternyata mereka juga mendapat hadiah alat tulis dari sponsor.
Agar padu, perbaikan yang tepat untuk kalimat nomor (3) adalah…
A. Panitia mengumumkan para juara lomba menulis puisi balada.
B. Piagam diserahkan oleh Koordinator Lomba.
C. Semua peserta lomba diundang panitia untuk menerima hadiah.
D. Panitia menjelaskan teknik pelaksanaan lomba.
21. Bacalah teks berikut!
Saat ini musik dangdut banyak penggemarnya. Jika dulu musik dangdut dianggap norak dan kampungan, sekarang sudah bebeda. Jenis musik yang identik dengan pukulan gendang dan alunan seruling bambu itu mampu membius semua lapisan. Musik dangdut bukan hanya disenangi oleh masyarakat pedesaan, tetapi juga masyarakat perkotaan.
Melihat fenomena itu, tidaklah berlebihan bila semua stasiun televisi menayangkan musik dangdut pada program acaranya. Bahkan, ada stasiun televisi yang membuat program khusus untuk musik itu. Selain berupa acara ajang pencarian bakat, program khusus itu juga mengupas kehidupan para penyanyi dangdut. Selain menaikkan rating, acara tersebut juga mampu menyedot ratusan pemasang iklan.
Ringkasan yang tepat paragraf tersebut adalah …
A. Musik dangdut banyak pengemarnya sehingga diprogramkan semua stasiun televisi
B. Musik dangdut berkembang pesat berkat stasiun televisi.
C. Kini penggemar musik dangdut tidak hanya masyarakat pedesaan, tetapi juga masyarakat perkotaan.
D. Masyarakat pada umumnya senang akan tayangan musik dangdut karena banyak iklannya.
22. Bacalah teks berikut!
Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika lulus SD, orang tuaku menasihati agar aku masuk sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi wanita. Untuk membujukku ibuku menambahkan bahwa libur guru sama panjangnya dengan libur anak sekolah, melebihi orang yang bekerja di kantor. Kata-kata itu diucapkan orang tuaku karena mereka mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya kuinginkan. Aku bercita-cita menjadi sekretaris.
Konflik dalam kutipan tersebut adalah...
A. ingin menjadi guru, tetapi orang tua menentang.
B. liburam anak sekolah yang lebih panjang dari pekerja kantor.
C. tidak tercapainya cita-cita karena tidak adanya biaya.
D. menjalani pekerjaan yang bertentangan dengan batinnya.
23. Bacalah kutipan berikut!
Ketika itu Saniah sedang duduk di pembaringan. Asnah bermohon kepadanya dengan lemah lembut agar ia mau ke ruang makan dan keluar dari kamar. Akan tetapi, Saniah berdiam diri saja, ia tidak mau makan, hatinya sangat geram sebab Asri juga makan bersama orang lain, tidak dengan dia saja. Demi didengarnya suara tertawa di ruang tengah, dia segera menutup telinganya.
Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. merasa dikhianati asri.
B. suara tertawa dari ruang tengah.
C. bujukan asnah yang mengajaknya makan.
D. Saniah berdiam diri saja, ia tidak mau makan.
24. Bacalah teks berikut!
Sebenarnya, investor asing bukan tidak ingin menanamkan modalnya di Indonesia. Hanya saja, mereka merasa khawatir terhadap perkembangan sosial politik yang terjadi di Indonesia. Di dunia yang makin terbuka, pilihan untuk melakukan investasi begitu lebar. Jika Indonesia dianggap tidak kondusif bagi dunia usaha, mereka pasti akan mengalihkan usahanya ke negara lain..
Simpulan paragraf tersebut adalah...
A. Di dunia yang makin terbuka, pilihan untuk melakukan investasi sangat besar.
B. Investor asing menanamkan modalnya karena peluang usaha di Indonesia terbuka lebar.
C. Rencana pengusaha asing menanamkan modalnya di Indonesia tidak terealisasi
D. Investor asing akan pindah ke negara lain jika Indonesia dianggap tidak kondusif.
25. Bacalah teks berikut!
(1) Buku Budidaya Buah Naga karya Mila Rosa diterbitkan oleh Sinar Abadi. (2) Buku ini mengupas cara pembudidayaan buah naga dengan cukup komplet, mulai dari pembibitan sampai masa pemanenan. (3) Buku setebal 124 halaman itu disajikan dengan bahasa yang cukup komunikatif. (4). Meskipun cara penyusunnnya belum sistematis, bagi yang ingin memahami seluk beluk buah naga, buku ini dapat memenuhi kebutuhan itu.
Pernyataan yang berisi kelemahan ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
26. Bacalah teks berikut!
Ketika salah satu anggota keluarga terkena kanker darah, ada kekhawatiran penyakit itu bisa menular ke generasi selanjutnya. [...] Faktanya penyakit ini dapat dipicu oleh faktor risiko kanker darah yang meliputi paparan kemoterapi, radiasi dan zat kimia tertentu yang dipakai di industri petrokimia. Adapun gaya hidup tak sehat seperti merokok juga punya keterkaitan dengan kanker darah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah....
A. Ada anggapan bahwa leukemia adalah penyakit keturunan.
B. Leukemia termasuk penyakit yang sangat berbahaya.
C. Anggapan tersebut sebenarnya terlalu berlebihan.
D. Pasien leukemia perlu penangaan secara cepat dan tepat.
27. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I | Teks II |
Indonesia adalah salah satu negara yang di dalamnya memiliki iklim tropis. Negara ini terdiri atas banyak pulau di setiap wilayahnya. Meskipun harus diakui bahwa di Indonesia sendiri, dataran yang ada tentu tidak seluas lautan yang membentang luas. Namun demikian, Indonesia memiliki kawasan hutan yang cukup banyak mulai dari Sabang yang terletak di provinsi Aceh sampai Merauke yang terletak di kawasan Papua. | Musim tentu tidak bisa diperkirakan oleh manusia sehingga saat kemarau datang dengan masa yang amat panjang, adalah hal yang sangat wajar. Akan tetapi, hal tersebut sangat berpengaruh kepada kondisi hutan yang setiap hari terkena sengatan matahari. Juga karena adanya petir yang menyambar sehingga memunculkan percikan api. |
Perbedaan pengunaan bahasa kedua teks tersebut adalah....
| Teks I | Teks II |
A. | terdapat kata sandang | terdapat kata seru |
B. | terdapat kata baku | terdapat kata tidak baku |
C. | terdapat kata penghubung sebab akibat | terdapat kata depan |
D. | terdapat kata depan | terdapat kata penghubung sebab akibat |
28. Bacalah petunjuk berikut!
Membuat Mainan Mobil-mobilan dari Kulit Jeruk (1) Siapkan kulit jeruk bali yang berwarna hijau. (2) Potong kulit jeruk membentuk roda, atap, alas, dan bagian samping mobil. (3) [...] (4) Potong bagian ujungnya biar lancip. (5) Sambung setiap bagian roda mobil dengan bagian samping. (6) Pasang benang wol atau tali tipis untuk menarik mobil-mobilan. |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk yang rumpang adalah...
A. Buatlah masing-masing menjadi dua bagian.
B. Sediakan potongan bambu kecil atau bisa menggunakan tusuk sate .
C. Kumpulkan potongan tersebut menjadi satu bagian.
D. Buanglah bagian kulit jeruk yang tidak berguna
29. Bacalah kalimat berikut!
Saya akan pindah sekolah ke Semarang di mana ayahku saat ini bekerja.
Kalimat tersebut tidak efektif karena....
A. tidak mempunyai subjek
B. terpengaruh bahasa asing
C. bermakna ganda
D. maknanya tidak logis
30. Bacalah teks berikut!
Budaya antri perlu ditanamkan sejak dini di sekolah. Pasalnya hal itu belum sepenuhnya menjadi karakter bagi para siswa. Salah satu contohnya ketika mereka berada di kantin, selalu berebut cepat ingin dilayani. Padahal, kalau menggunakan sesuai nomer urut kehadiran tentu akan lebih kondusif.
Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah...
A. karakter, pasalnya
B. antri, kondusif
C. pasalnya, nomer
D. antri, nomer
31. Bacalah teks berikut!
W.R. Soepratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903 di Dukuh Trembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Beliau merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara dari pasangan Djoemeno Senen Sastrosoehardjo dan Siti Senen. Sang ayah merupakan seorang tentara KNIL Belanda. Saat tinggal di Makassar, Soepratman mendapatkan pelajaran tentang musik dari kakak iparnya. W.R. Soepratman pandai bermain biola dan dapat menggubah lagu. Saat tinggal di Jakarta, Ia membaca sebuah karangan dalam majalah Timbul, penulis karangan tersebut menantang para ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan.Soepratman merasa tertantang dan ia mulai menggubah lagu. Pada tahun 1924, terciptalah lagu Indonesia raya yang pada saat itu Ia berumur 21 tahun dan berada di Bandung. Pada malam penutupan Kongres Pemuda II di Jakarta pada 28 Oktober 1928, Soepratman memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan umum dan semua orang yang hadir terpukau mendengarkannya.
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah...
A. pandai bermain alat musik biola.
B. pandai menggubah lagu perjuangan.
C. ayahnya seorang tentara KNIL.
D. pencipta lagu kebangsaan.
32. Bacalah teks berikut!
Bung Tomo dilahirkan di Kampung Blauran, Surabaya, pada 3 Oktober 1920. Ayahnya bernama Kartawan Tjiptowidjojo, Sutomo adalah sosok yang aktif berorganisasi sejak remaja. Bergabung dalam Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI), beliau tercatat sebagai salah satu dari tiga orang pandu kelas I di seluruh Indonesia saat itu. Pada masa pendudukan Jepang, Sutomo bekerja di kantor berita tentara pendudukan Jepang, Domei, bagian Bahasa Indonesia untük seluruh Jawa Timur di Surabaya (1942-1945). Saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dikumandangkan, beliau memberitakannya dalam bahasa Jawa bersama wartawan senior Romo Bintarti untuk menghindari sensor Jepang. Selanjutnya, beliau menjadi Pemimpin Redaksi Kantor Berita Antara di Surabaya. Ketika meletus pertempuran di Surabaya, 10 November 1945, Bung Tomo yang memiki jiwa patriotisme yang tinggi itu, tampil sebagai orator ulung di depan corong radio, membakar semangat rakyat untuk berjuang melawan tentara Inggris dan NICA-Belanda.
Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut....
A. aktif dalam organisasi sejak remaja.
B. tercatat sebagai salah satu pandu kelas I.
C. menjadi orator ulung di depan corong radio.
D. memiiki jiwa patriotisme yang tinggi.
33. Bacalah kalimat berikut!
Gaya hidup konsumsi akan berdampak terhadap kondisi finansial seseorang.
Pilihan kata yang salah dalam kalimat tersebut adalah...
A. kondisi
B. finansial
C. konsumsi
D. berdampak
34. Bacalah kutipan cerita berikut!
Cobaan selanjutnya datang setelah pelajaran pertama usai, Nur dengan tampang risihnya menegurku.
”Masya Allah Nana. Alhamdulillah sih kamu sudah berhijrah, tapi ya harusnya pikirin dulu matang-matang dong, ah!” serunya.
“Udah kok, Nur. Sampai gosong malah,” kutanggapi dengan bercanda.
“Sampai gosong? Gosong kayak kulitmu? Make jilbab ya jangan yang putih kayak gini dong Non, udah tahu pakai pramuka, yaa pakai jilbab warna agak gelap kek biar gak kontras banget ama muka!”
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Nur pada kutipan cerita tesebut adalah....
A. diceritakan langsung oleh pengarang
B. dialog antartokoh
C. lingkungan sekitar tokoh
D. dicertakan oleh tokoh lain.
35. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Teks I | Teks II |
"Huuuu...kamu ini cari-cari alasan saja, Kepiting! Akui saja kalau kamu tidak bisa menandingi kehebatan larinya si Zebri dehhh!" sergah teman-teman si Zebri. Dalam hati, si Kepiting berpikir bahwa memang harus diakui bahwa si Zebri selalu menang dalam hal berlomba yang menggunakan fisik, namun untuk lomba yang lain mungkin dia harus mengakui kemenanganku. Dan saat itu si kepiting berusaha mencari ide jenis lomba yang tidak akan dimenangkan si Zebri. | Seekor belalang telah lama terkurung dalam sebuah kotak. Suatu hari ia berhasil keluar dari kotak yang mengurungnya tersebut. Dengan gembira ia melompat-lompat menikmati kebebasannya. Di perjalanan ia bertemu dengan seekor belalang lain. Namun ia keheranan kenapa belalang itu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya. |
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah....
| Teks I | Teks II |
A. | menggunakan ungkapan | tidak menggunakan ungkapan |
B. | menggunakan kata depan | menggunakan kata sandang |
C. | menggunakan kata sandang | menggunakan kata ganti orang |
D. | tidak menggunkan kalimat langsung | menggunkan kalimat langsung |
36. Bacalah kalimat berikut!
Orang tua tidak akan membiarkan anaknya yang berbuat kejahatan.
Variasi kalimat tersebut adalah....
A. Anak yang berbuat kejahatan akan dilarang orang tuanya.
B. Orang tua membolehkan anaknya berbuat kejahatan.
C. Orang tua tidak akan melarang anaknya berbuat kejahatan.
D. Anak yang berbuat kejahatan akan dibiarkan orang tuanya.
37. Bacalah kalimat berikut!
“Pak saya izin pulang karena tidak enak badan!” kata Agus.
Perbaikan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah....
A. “Pak, saya izin pulang karena tidak enak badan.” kata Agus.
B. “Pak, saya izin pulang karena tidak enak badan,” kata Agus.
C. “Pak saya izin pulang karena tidak enak badan,” kata Agus.
D. “Pak, saya izin pulang karena tidak enak badan!” kata Agus.
38. Bacalah teks berikut!
“Semua yang ada di rumah ini, dibeli dari hasil keringat ayah,” kata ayah. “Televisi,motor, kulkas, komputer, dan lainnya juga wujud nyata keringat ayah. Kamu jangan coba-coba merusaknya,” lanjut ayah. Aku hanya terdiam menunduk. Kali ini ayah terlihat begitu marah kepadaku. Apa yang ayah katakan bukan tanpa sebab. Aku terkadang merusak barang-barang berharga yang sudah ayah beli karena ketelodoranku sendiri. Laptopku rusak karena terkena tumpahan air minumku. Kali ini ada lagi. Tadi siang aku menghancurkan Vario kesayanganku karena menabrak tukang becak. Itu semua karena aku ngebut saat melajukan kendaraan. Penyesalan hampir tak berguna. Ayah sudah telanjur emosi sampai-sampai menceramahiku cukup lama. Tentu dengan maksud ingin menyadarkanku agar mau menghargai cucuran keringat seorang ayah yang tanpa lelah dilakukan demi menghidupi keluarga.
Makna simbol kata keringat pada kutipan cerita tersebut adalah....
A. pekerjaan yang dilakukan
B. cairan tubuh sehabis bekerja
C. uang hasil kerja keras
D. profesi yang dilakukan
39. Bacalah kutipan cerita berikut!
Sebagai ucapan terima kasihnya, Pak Edison memberikan modal kepada Ipiin untuk membuka kios di rumahnya. Kini Ipiin tidak lagi harus mengayuh sepedanya untuk menjajakan koran. Ia cukup menunggu pembeli datang untuk berbelanja. Sedangkan untuk mengirim koran dan majalah kepada pelanggannya, Ipiin digantikan oleh saudaranya yang kebetulan belum mempunyai pekerjaan. Itulah akhir dari sebuah kejujuran yang akan mendatangkan kebahagiaan di kehidupan kelak.
Kutipan cerita tersebut menunjukkan bagian alur....
A. penyelesaian
B. konflik
C. pengenalan
D. perumitan
40. Bacalah kalimat berikut!
Munculnya bintik-bintik hitam dan demam tinggi merupakan tanda telah terjadi [...] virus ke tubuh pasien demam berdarah.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang adalah....
A. indikasi
B. inkubasi
C. iritasi
D. Infeksi
41. Bacalah kalimat berikut!
Petugas keamanan supermarket selalu [...] gerak-gerik pelanggan melalui monitor CCTV.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....
A. mengintai
B. menonton
C. memantau
D. memandang
42. Bacalah kalimat berikut!
Kesuksesan dalam meraih sesuatu akan dapat tercapai [...] diiringi dengan usaha dan berdoa.
Kata penghubung yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah....
A. sehingga
B. sedangkan
C. jika
D. supaya
43. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Teks I | Teks II |
Fintu dan Tuvi adalah 2 ekor ulat yang bersaudara. Fintu yang bersifat ramah, rendah hati dan baik. Sedangkan yang satunya bernama Tuvi yang bersifat angkuh dan suka meremehkan binatang lain.Pada suatu hari, saat Fintu sedang mencari makanan, ia bertemu Tuvi. “Hai Tuvi, bolehkah aku meminta sedikit makananmu?” pinta Fintu. “Hey, Fintu! Ini makananku dan tetap makananku. Sana cari makanan yang lain!” tolak Tuvi. “B-baiklah…” Fintu menunduk dan berlalu. | Kura-kura pun bersiap dan mengambil ancang-ancang tempat tinggi. Kemudian, ia pun menggelindingkan tubuhnya. Dan ketika sudah hampir mendekati tubuh rusa, ia pun menaikkan tubuhnya sampai melaayng. Ternyata kura-kura mengincar hidung sang rusa. Dengan sangat keras, akhirnya tempurung kura ura berhasil menyebabkan hidung sang rusa putus. Dan akhirnya ia pun mati. |
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan....
| Teks I | Teks II |
A. | aksi tokoh | pengenalan latar |
B. | pengenalan tokoh | aksi tokoh |
C. | pengenalan latar | garis besar cerita |
D. | garis besar cerita | Aksi tokoh |
44. Bacalah teks berikut!
(1)Kondisi air di Sungai Meduri Tirto semakin parah sekali. (2)Warnanya kelihatan keruh kehitam-hitaman. (3)Disinyalir banyak pengrajin batik rumah tangga yang membuang limbahnya ke sungai. (4) Hal ini tentu akan mencemari air dan memusnahkan habitat yang ada dalam sungai.
Kalimat tidak efektif dalam teks tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
45. Bacalah kalimat berikut!
Banyak remaja yang gugur dalam usia muda karena mengonsumsi miras dan narkoba.
Penggunaan kata gugur dalam kalimat tersebut salah karena....
A. Kata gugur lebih tepat untuk tanaman.
B. Kata gugur lebih tepat diganti kata mati.
C. Kata gugur seharusnya digunakan untuk pahlawan.
D. Kata gugur lebih tepat diganti kata wafat.
46. Bacalah kalimat berikut!
Berdasarkan sidak BPOM di sejumlah swalayan, masih ditemukan Biskuit dan makanan kaleng lainnya yang sudah kedaluwarsa.
Penggunaan huruf kapital pada kata bercetak miring salah karena....
A. biskuit bukan merupakan istilah asing yang harus dimulai dengan huruf kapital
B. biskuit adalah nama geografi yang tidak dikuti oleh nama diri geografinya
C. biskuit adalah kata benda yang tidak perlu menggunakan huruf kapital
D. biskuit adalah kata adopsi yang tidak perlu dimulai dengan huruf kapital
47. Bacalah teks berikut!
(1) Mendengarkan sesungguhnya suatu proses rumit yang melibatkan empat unsur, yaitu mendengar, memperhatikan, memahami, dan mengingat. (2) Bagi penyandang tuna netra, indera pendengaran adalah pintu pertama yang digunakan dalam mengenali sesuatu dari jarak jauh. (3) Untuk memperlancar empat unsur tersebut, seseorang harus menggunakan alat perekam dalam merekam segala aktivitas yang dianggap penting. (4) Dengan kemajuan teknologi yang tak pernah dapat diprediksikan, saat ini telah hadir suatu alat yang dapat memfasilitasi aktivitas orang berkebutuhan khsusus tersebut untuk melakukan hal-hal di atas.
Penggunaan ejaan yang tidak sesuai terdapat dalam kalimat bernomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
48. Bacalah kalimat berikut!
Dilarang membawa benda kalkulator, telepon genggam, dan buku ke dalam ruang ujian.
Perbaikan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah...
A. Dilarang membawa benda: kalkulator telepon genggam dan buku ke dalam ruang ujian!
B. Dilarang membawa benda kalkulator, telepon genggam, dan buku ke dalam ruang ujian.
C. Dilarang membawa benda : kalkulator, telepon genggam, dan buku ke dalam ruang ujian!
D. Dilarang membawa benda : kalkulator, telepon genggam, dan buku ke dalam ruang ujian.
49. Bacalah teks berikut!
(1) Kepala seksi Kesiapsiagaan BMKG Sulawesi, Ahmad Muhaemin, menyampaikan bahwa intensitas hujan disertai badai pada akhir Januari 2019 masih cukup tinggi. (2) Kondisi ini akan berlangsung sampai bulan Pebruari mendatang. (3) Beliau menghimbau agar warga tetap waspada dari kemungkinan terburuk. (4) Masyarakat pesisir jangan terlalu memaksakan diri beraktifitas di tengah laut.
Penggunaan ejaan yang tepat dalam teks tersebut terdapat dalam kalimat bernomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
50. Bacalah kalimat berikut!
“Ke mana kalian akan melanjutkan sekolah setelah lulus SMP nanti!” tanya Pak Guru.
Penggunaan tanda baca dalam kalimat tesebut salah karena....
A. Akhir kalimat tidak perlu menggunakan tanda titik.
B. Tanda seru tidak digunakan dalam kalimat pertanyaan.
C. Kalimat pertanyaan seharusnya diakhiri tanda titik.
D. Tanda petik dua tidak digunakan dalam kalimat langsung.
1. B
2. C
3. A
4. C
5. D
6. A
7. B
8. D
9. A
10. A
11. D
12. D
13. D
14. C
15. C
16. A
17. A
18. C
19. B
20. B
21. A
22. D
23. A
24. D
25. D
26. A
27. D
28. B
29. B
30. D
31. D
32. D
33. C
34. B
35. C
36. A
37. B
38. C
39. A
40. B
41. C
42. C
43. B
44. A
45. C
46. C
47. B
48. C
49. A
50. B