Salah satu aspek terpenting dalam berbisnis ialah pelayanan kepada pelanggan atau klien yang disebut juga dengan layanan pelanggan. Menyiapkan pelayanan yang memuaskan merupakan salah satu cara memikat pelanggan dalam berdagang dan ini merupakan cara terbaik untuk perusahaan atau toko online dalam menarik pembeli dan membuat mereka selalu belanja di toko kita.
Sebagai pedagang online, tentunya kita ingin mempunyai konsumen yang bisa terus memberikan keuntungan bukan? Ini bisa didapatkan jika kita mampu mengubah pelanggan kita menjadi pelanggan yang loyal. Dibawah ini tips atau strategi menarik pelanggan.
Strategi Menarik Pelanggan Dalam Berdagang
Buat Konsumen kita Senang
Pastikan untuk menanyakan pendapat konsumen dan pelanggan baru setelah mereka belanja di toko kita dan pastikan produk yang kita jual sesuai harapan mereka.
Melakukan Hal Berbeda
Meningkatkan persaingan, layaknya pelaku usaha. kita harus bisa menemukan trik-trik inovatif untuk menjual produk. Salah satu pedoman untuk menarik konsumen yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan kemasan yang menarik.
Seperti salah satu online shop, pedagang itu mendesain packing untuk mengemas barangnya. Ada juga yang memakai kertas kado sebagai kemasannya agar konsumen merasa istimewa saat menerima paket tersebut. Dengan begitu, peluang konsumen menjadi pelanggan yang loyal tentunya akan semakin besar.
Membuat Pemberitahuan
Perbarui info terbaru tentang produk dan toko kita secara berkala, untuk menarik perhatian pelanggan. kita bisa memberikan info terkait produk baru, promo toko dan review tentang suatu produk yang ada toko kita.
Membangun Komunikasi
Pastikan untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan kita. Seringkali memberikan informasi yang jelas tentang transaksi seperti pemesanan, pengiriman, retur produk dan sebagainya. Jika ada perubahan, komunikasikan kepada konsumen setiap detail perubahan.
Hargailah Konsumen yang Komplain
Berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada konsumen yang komplain kepada kita, karena itu adalah tkita bahwa bisnis dan toko online kita mulai mendapatkan perhatian dari mereka. Berdasarkan sebuah penelitian, 90% konsumen yang melakukan komplain akan kembali melakukan transaksi pembelian.
Buat Promo
Siapa yang tidak suka promosi? Pembeli sering mencari promosi menarik ketika berbelanja. Melalui promosi kita dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk kita. Lakukan promosi secara tertib tetapi tidak terus menerus, untuk menghindari ketergantungan konsumen pada promosi.
Hindari Kata-Kata Penolakan
Saat berhubungan dengan konsumen, pastikan untuk tidak mengatakan "Saya Tidak Bisa" mengganti kalimat dengan "Saya akan mencoba" dan menawarkan solusi alternatif yang lebih baik.
Buat Konten Yang Menarik
Artikel yang bagus dapat menarik perhatian konsumen, sehingga mereka akan merasa terhibur dan tidak pernah bosan dengan produk kita. Dalam membuat konten, kita bisa memasukkan cerita atau testimoni dari pelanggan kita yang dikemas secara menarik.
Ramah, Responsif dan Ucapkan Terima Kasih
Semakin banyak kompetitor baru bermunculan, mengharuskan kita untuk membuat asumsi tentang teknik bersaing dengan mereka. Salah satu tips yang bisa kita lakukan adalah bersikap responsif dan menunjukkan keramahan kita kepada pelanggan, sehingga mereka merasa nyaman saat berbelanja.
Di akhir transaksi, kita bisa menyiapkan template ucapan terima kasih untuk konsumen yang telah membeli di toko kita.
Memposisikan Diri Sebagai Pembeli
Penjual sering kali mengabaikan keinginan konsumen dan lebih fokus pada ambisinya sendiri. Untuk itu posisikan diri kita seperti konsumen atau pembeli, sehingga kita lebih mudah dalam memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.