CONTOH RPP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) BAHASA INDONESIA SMA KELAS X, XI, XII


Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik:

A. Contoh RPP PJJ Bahasa Indonesia SMA Kelas X Teks Laporan Hasil Observasi Model Discovery Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-1

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1 dan 4.1
Kelas/Semester: X/1
IPK: 3.1.1 dan 4.1.1
Materi Pokok: Isi Laporan Hasil Observasi yang Dipresentasikan Secara Lisan

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan; menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan; memiliki sikap tanggung jawab, kreatif, kerja sama,  dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)

1. Pendahuluan (8 Menit)
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting.
2. Inti (70 Menit)
a. stimulation (10’)
Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.
b. problem statement (10’)
Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat.
c. data collection (15’)

Peserta didik membaca materi pada web/blog dengan link/tautan yang dikirim guru berkaitan dengan mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan dan menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan yaitu
d. data processing (15’)
Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan dan menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan
e. verification
(10’)

Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain.
f. generalization
(10’)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. 
3. Penutup (12 Menit)
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel,  atau aplikasi daring lainnya.
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya.

C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik

                                                                                           Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,

Drs. Agung Wardoyo                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                NIP 197207081998011001


 B. Contoh RPP PJJ Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Teks Prosedur Model Discovery Learning
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-1

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD 3.1 dan KD 4.1
Kelas/Semester: XI /1
IPK 3.1.1 dan IPK 4.1.1
Materi Pokok: Informasi dalam Teks Prosedur

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur; meringkas informasi yang ada dalam teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)

1. Pendahuluan (8 Menit)
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting.
2. Inti (70 Menit)
a. stimulation (10’)
Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.
b. problem statement (10’)
Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat.
c. data collection (15’)

Peserta didik membaca materi pada web/blog dengan link/tautan yang dikirim guru berkaitan mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur dan meringkas informasi yang ada dalam teks prosedur, yaitu

d. data processing (15’)
Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur dan meringkas informasi yang ada dalam teks prosedur.
e. verification
(10’)

Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain.
f. generalization
(10’)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. 
3. Penutup (12 Menit)
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel,  atau aplikasi daring lainnya.
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya.

C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik

                                                                                           Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,

Drs. Agung Wardoyo                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                NIP 197207081998011001

 B. Contoh RPP PJJ Bahasa Indonesia SMA Kelas XII Materi Surat Lamaran Pekerjaan Model Discovery Learning
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-1

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2 x 45 Menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.1, 4.1
Kelas/Semester: XII/1
IPK: 3.1.1, 4.1.1
Materi Pokok: Isi Surat Lamaran Pekerjaan Atas Inisiatif Sendiri

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri; menyajikan simpulan isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri secara lisan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)

1. Pendahuluan (8 Menit)
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting.
2. Inti (70 Menit)
a. stimulation (10’)
Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.
b. problem statement (10’)
Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat.
c. data collection (15’)

Peserta didik membaca materi pada web/blog dengan link/tautan yang dikirim guru berkaitan mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri dan menyajikan simpulan isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri secara lisan, yaitu

d. data processing (15’)
Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri dan menyajikan simpulan isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri secara lisan.
e. verification
(10’)

Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain.
f. generalization
(10’)
Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. 
3. Penutup (12 Menit)
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel,  atau aplikasi daring lainnya.
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya.

C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik

                                                                                           Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,

Drs. Agung Wardoyo                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                NIP 197207081998011001



Ket: Workshop Blended Learning di SMA Negeri 2 Boyolali dengan narasumber Bapak Maryanto, S.Pd. M.Pd dan Drs. Wahyu Purnomojati, M.Pd,  (Pengawas SMA Provinsi Jawa Tengah). Acara dipandu oleh Frau Fitri Ananda (moderator).

 

Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik:
BACA DAN UNDUH CONTOH RPP PJJ SATU RPP UNTUK SATU PERTEMUAN
KELAS X
1. RPP Pertemuan Ke-1 Klik
2. RPP Pertemuan Ke-2 Klik
3. RPP Pertemuan Ke-3 Klik
4. RPP Pertemuan Ke-4 Klik
5. RPP Pertemuan Ke-5 Klik
6. RPP Pertemuan Ke-6 Klik
7. RPP Pertemuan Ke-7 Klik
8. RPP Pertemuan Ke-8 Klik
Kelas XI
1. RPP Pertemuan Ke-1 Klik
2. RPP Pertemuan Ke-2 Klik
3. RPP Pertemuan Ke-3 Klik
4. RPP Pertemuan Ke-4 Klik
5. RPP Pertemuan Ke-5 Klik
6. RPP Pertemuan Ke-6 Klik
7. RPP Pertemuan Ke-7 Klik
8. RPP Pertemuan Ke-8 Klik

Kelas XII
1. RPP Pertemuan Ke-1 Klik
2. RPP Pertemuan Ke-2 Klik
3. RPP Pertemuan Ke-3 Klik
4. RPP Pertemuan Ke-4 Klik
5. RPP Pertemuan Ke-5 Klik
6. RPP Pertemuan Ke-6 Klik
7. RPP Pertemuan Ke-7 Klik
8. RPP Pertemuan Ke-8 Klik


BERBAGI LINK/TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X, XI, XII

KELAS X SEMESTER 1

A. TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
1. Mengidentifikasi Isi Teks Laporan Hasil Observasi
klik
2. Menyusun Ringkasan Isi Teks Laporan Hasil Observasi
klik
3. Menyimpulkan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi
klik
4. Menganalisis Isi, Struktur,  dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
klik
5. Mengonstruksikan Teks Laporan Hasil Observasi
klik

B. TEKS EKSPOSISI
1. Pengertian Teks Eksposisi Klik 
2. Struktur Teks Eksposisi  Klik
3. Ciri Kebahasaan Teks Ekposisi Klik 
4. Menyusun Teks Eksposisi  Klik

C. TEKS ANEKDOT
1. Pengertian dan Fungsi Teks Anekdot Klik
2. Struktur Teks Anekdot
3. Kebahasaan Teks Anekdot  
4. Menyusun Teks Anekdot berdasarkan Kejadian yang Menyangkut Orang Banyak
5. Pola Penyajian Anekdot
Baca materi lengkap teks anekdot Klik

D. TEKS CERITA RAKYAT/HIKAYAT
1. Mengidentifikasi Karakteristik Hikayat Klik
2. Mengidentifikasi Nilai-Nilai dalam Hikayat Klik

3. Struktur Teks Hikayat Klik
4. Ciri Kebahasaan Teks Hikayat Klik

KELAS X SEMESTER 2

A. TEKS NEGOSIASI
Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Negosiasi Klik
B. TEKS DEBAT
Ringkasan Materi Teks Debat Klik
C. TEKS BIOGRAFI
1. Menentukan Struktur Teks Biografi Klik 
2. Menentukan Aspek Kebahasaan Teks Biografi Klik
D. TEKS PUISI
1. Menentukan Tema Puisi Klik
2. Menentukan Makna Puisi Klik
3. Menentukan Suasana Puisi Klik

MATERI PEMBELAJARAN DARING KELAS XI

A. TEKS PROSEDUR
1. Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur
Klik  
2. Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur Klik 
3. Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan dalam Teks Prosedur klik
 
4. Membandingkan Dua Teks Prosedur
Klik
5. Menyusun Teks Prosedur dengan Memperhatikan Isi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan
Klik
6. Menyunting Teks Prosedur
Klik    
7. Powerpoint Teks Prosedur 

B. TEKS EKSPLANASI
1. Isi Teks Eksplanasi Klik
2. Struktur Teks Eksplanasi Klik 
3. Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi klik 
4. Menulis Teks Eksplanasi Klik 
C. TEKS CERAMAH
1. Struktur Teks Ceramah
2. Kebahasaan Teks Ceramah Klik 
3. Powerpoint Materi Pembelajaran Teks Ceramah Klik 

D. TEKS CERPEN
1. Pengertian – Unsur Cerpen Klik
2. Unsur Pembangun Cerpen
3. Struktur Cerpen
4. Ciri Kebahasaan Cerpen Klik
5. PPT Cerpen Klik

Bahan Belajar Kelas XI Semester 2 Bahasa Indonesia (SMA/MA/SMK/MAK)
A.  Teks Proposal
1.    Struktur Teks Proposal
Klik
2.    Ciri Kebahasaan Teks Proposal
Klik
B. Teks Karya Ilmiah
C. Teks Resensi/Ulasan
1.      Pengertian, Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan
Klik
2.      Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
Klik
3.      Contoh Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
Klik
D. Teks Drama
1.      Pengertian dan jenis-jenis drama
Klik
2.      Struktur teks drama
Klik
3.      Unsur-unsur teks drama
Klik
4.      Ciri Kebahasaan teks drama
Klik
 
 MATERI PEMBELAJARAN DARING KELAS XII
 
A. SURAT LAMARAN PEKERJAAN
1. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
Klik
2. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun
Klik
3. Mengidentifikasi Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
Klik
4. Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
Klik
B.  TEKS CERITA SEJARAH ATAU NOVEL SEJARAH
1. Pengertian Novel Sejarah
Klik
2. Struktur Teks Cerita/Novel Sejarah 
Klik
3. Kebahasaan Novel Sejarah
Klik
C. TEKS EDITORIAL
Klik   
D. TEKS NOVEL
Klik

 


LihatTutupKomentar