Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
Info Profil Muh Zuhri baca klik:
A. Contoh RPP PJJ Bahasa Indonesia SMA Kelas X Teks Laporan Hasil Observasi Model Discovery Learning
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-1
Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali | Alokasi Waktu: 2 x 45 menit |
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia | KD: 3.1 dan 4.1 |
Kelas/Semester: X/1 | IPK: 3.1.1 dan 4.1.1 |
Materi Pokok: Isi Laporan Hasil Observasi yang Dipresentasikan Secara Lisan |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan; menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan; memiliki sikap tanggung jawab, kreatif, kerja sama, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)
1. Pendahuluan (8 Menit) | |
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran. | |
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah. | |
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. | |
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai | |
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting. | |
2. Inti (70 Menit) | |
a. stimulation (10’) | Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut. |
b. problem statement (10’) | Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat. |
c. data collection (15’) | |
d. data processing (15’) | Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi isi laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan dan menyeleksi isi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan secara lisan |
e. verification (10’) | Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain. |
f. generalization (10’) | Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. |
3. Penutup (12 Menit) | |
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya. |
C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik
Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001
B. Contoh RPP PJJ Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Teks Prosedur Model Discovery Learning
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-1
Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali | Alokasi Waktu: 2 x 45 menit |
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia | KD 3.1 dan KD 4.1 |
Kelas/Semester: XI /1 | IPK 3.1.1 dan IPK 4.1.1 |
Materi Pokok: Informasi dalam Teks Prosedur |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur; meringkas informasi yang ada dalam teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)
1. Pendahuluan (8 Menit) | |
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran. | |
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah. | |
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. | |
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai | |
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting. | |
2. Inti (70 Menit) | |
a. stimulation (10’) | Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut. |
b. problem statement (10’) | Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat. |
c. data collection (15’) | |
d. data processing (15’) | Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur dan meringkas informasi yang ada dalam teks prosedur. |
e. verification (10’) | Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain. |
f. generalization (10’) | Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. |
3. Penutup (12 Menit) | |
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya. |
C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik
Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001
B. Contoh RPP PJJ Bahasa Indonesia SMA Kelas XII Materi Surat Lamaran Pekerjaan Model Discovery Learning
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-1
Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali | Alokasi Waktu: 2 x 45 Menit |
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia | KD: 3.1, 4.1 |
Kelas/Semester: XII/1 | IPK: 3.1.1, 4.1.1 |
Materi Pokok: Isi Surat Lamaran Pekerjaan Atas Inisiatif Sendiri |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri; menyajikan simpulan isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri secara lisan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)
1. Pendahuluan (8 Menit) | |
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran. | |
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah. | |
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. | |
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai | |
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting. | |
2. Inti (70 Menit) | |
a. stimulation (10’) | Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian siswa menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut. |
b. problem statement (10’) | Guru meminta peserta didik masuk ke google classroom dan bertanya jawab tentang isi video yang sudah dilihat. |
c. data collection (15’) | |
d. data processing (15’) | Peserta didik berdiskusi secara daring untuk mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri dan menyajikan simpulan isi surat lamaran pekerjaan atas inisiatif sendiri secara lisan. |
e. verification (10’) | Peserta didik menyajikan hasil diskusi melalui surel, whatsapp atau aplikasi daring lainnya dan saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain. |
f. generalization (10’) | Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi dan memperbaiki hasil kerja. |
3. Penutup (12 Menit) | |
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya. | |
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya. |
C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik
Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001
Ket: Workshop Blended Learning di SMA Negeri 2 Boyolali dengan narasumber Bapak Maryanto, S.Pd. M.Pd dan Drs. Wahyu Purnomojati, M.Pd, (Pengawas SMA Provinsi Jawa Tengah). Acara dipandu oleh Frau Fitri Ananda (moderator).
Disusun oleh: Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. - Guru Bahasa Indonesia SMA N 2 Boyolali, Jateng
No HP: 081326446361
BACA DAN UNDUH CONTOH RPP PJJ SATU RPP UNTUK SATU PERTEMUAN
KELAS X
Kelas XI
Kelas XII
8. RPP Pertemuan Ke-8 Klik
BERBAGI LINK/TAUTAN MATERI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DARING MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X, XI, XII
KELAS X SEMESTER 1
A. TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
1. Mengidentifikasi Isi Teks Laporan Hasil Observasi
2. Menyusun Ringkasan Isi Teks Laporan Hasil Observasi
3. Menyimpulkan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi
4. Menganalisis Isi, Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi
5. Mengonstruksikan Teks Laporan Hasil Observasi
B. TEKS EKSPOSISI
C. TEKS ANEKDOT
5. Pola Penyajian Anekdot
D. TEKS CERITA RAKYAT/HIKAYAT
1. Mengidentifikasi Karakteristik Hikayat Klik
2. Mengidentifikasi Nilai-Nilai dalam Hikayat Klik
3. Struktur Teks Hikayat Klik
2. Mengidentifikasi Nilai-Nilai dalam Hikayat Klik
3. Struktur Teks Hikayat Klik
KELAS X SEMESTER 2
A. TEKS NEGOSIASI
B. TEKS DEBAT
C. TEKS BIOGRAFI
D. TEKS PUISI
MATERI PEMBELAJARAN DARING KELAS XI
A. TEKS PROSEDUR
1. Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur
3. Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan dalam Teks Prosedur klik
4. Membandingkan Dua Teks Prosedur
5. Menyusun Teks Prosedur dengan Memperhatikan Isi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan
6. Menyunting Teks Prosedur
B. TEKS EKSPLANASI
C. TEKS CERAMAH
D. TEKS CERPEN
3. Struktur Cerpen
Bahan Belajar Kelas XI Semester 2 Bahasa Indonesia (SMA/MA/SMK/MAK)
A. Teks Proposal
1. Struktur Teks Proposal
2. Ciri Kebahasaan Teks Proposal
B. Teks Karya Ilmiah
C. Teks Resensi/Ulasan
1. Pengertian, Jenis, dan Fungsi Teks Resensi/Ulasan
2. Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
3. Contoh Analisis Struktur, dan Aspek Kebahasaan Teks Resensi/Ulasan
D. Teks Drama
1. Pengertian dan jenis-jenis drama
2. Struktur teks drama
3. Unsur-unsur teks drama
4. Ciri Kebahasaan teks drama
Klik MATERI PEMBELAJARAN DARING KELAS XII
A. SURAT LAMARAN PEKERJAAN
1. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan
2. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun
3. Mengidentifikasi Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
4. Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
B. TEKS CERITA SEJARAH ATAU NOVEL SEJARAH
1. Pengertian Novel Sejarah
2. Struktur Teks Cerita/Novel Sejarah
3. Kebahasaan Novel Sejarah
C. TEKS EDITORIAL
D. TEKS NOVEL