RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS X SMA SEMESTER 2 TEKS DEBAT KD 3.13 DAN 4.13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN XIII

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
Materi Pokok
Teks Debat
Kelas/ Smt.
X IPA-IPS/ Genap
Waktu
8 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.13
Menganalisis  isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan)
4.13
Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang
dilengkapi argumen dalam berdebat
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.13.1
Menelaah isi dan struktur teks debat
3.13.2
Menelaah ciri kebahasaan teks debat
4.13.1
Merancang teks debat
4.13.2
Menyusun teks debat






A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menelaah isi, struktur,  dan kebahasaan teks debat; menyusun teks debat; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

B. Kegiatan Pembelajaran
Media                     : Teks Debat
Alat/Bahan            : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit)
1.  Siswa mencermati teks debat yang dibagikan oleh guru.
2. Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks debat.
3. Siswa mencari sumber lain berupa teks debat sebagai bahan diskusi kelompok.
4. Siswa menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks debat, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5. Siswa menulis teks debat dengan memerhatikan isi, struktur,  dan ciri kebahasaannya.
6. Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks debat untuk ditanggapi oleh siswa lain.
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: produk

Mengetahui,                                                                   Boyolali, 2 Januari 2020
Kepala Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                         Guru Mata Pelajaran,



Drs. Agung Wardoyo                                                   Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                            NIP 197207081998011001
LihatTutupKomentar