RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN XIV
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengembangkan isi teks biografi, memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Kegiatan Pembelajaran
Media : Teks Biografi
Alat/Bahan : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit) |
1. Siswa mengamati tayangan video biografi dan memberikan tanggapan atas isinya. 2. Siswa menyusun pertanyaan berdasarkan teks biografi yang dibagikan oleh guru. 3. Siswa mendiskusikan isi teks biografi tersebut. 4. Siswa mengidentifikasi dan mengembangkan isi biografi, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Siswa melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan memberikan tanggapan. 6. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit) |
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: tes tertulis
Mengetahui, Boyolali, 2 Januari 2020
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001