- Di tes kreativitas yang memerlukan keahlian psikolog dalam penafsirannya, diharapkan alat kenali kreativitas yang dapat dipakai oleh guru. Untuk tujuan ini telah disesuaikan oleh indonsia. Skala evaluasi anak berbakat yang disusun oleh Renzuli, dkk. (1971), berisikan atas empat skala tiga diantaranya sesuai dengan definisi Renzuli wacana keberbakatan, ialah ciri kesanggupan intelektual biasa , kreativitas dan pengikaran diri kepada tugas (motivasi). Subskala ciri kepemimpinan tidak disesuaikan. Skala ini diangkut dalam buku pemanduan anak berbakat (Utami Munandat, 1982) dan yang dikemukakan sekarang cuma subskala untuk kreativitas yang mencakup ciri – ciri:
- Rasa ingin tahu yangluas dan mendalam
- Sering mengajukan pertanyaan yang baik.
- Memberikan banyak gagasan atau undangan terhadap suatu problem.
- Bebas dalam menyatakan pertimbangan
- Mempunyai rasa keindahan yang dalam.
- Menonjol dalam salah satu bidang seni
- Mampu menyaksikan suatu problem dari berbagai sudut pandang
- Mempunyai rasa humor yang luas
- Mempunyai daya khayalan
- Orisinal dalam istilah pemikiran dan dalam pemecahan duduk perkara
Untuk setiap pernyataan ada lima kemungkinan balasan
- Jarang atau tidak pernah memperhatikan ciri tersebut pada anak
- Kadang – kadang/pernah mengamati ciri tersebut pada anak
- Hamper selalu memperhatikan ciri tersebut pada anak
- Tidak tahu atau ragu – ragu memperhatikan ciri tersebut pada anak.
Sumber: Kreativitas & Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. Prof. Dr. S. C. Utami Munandar (Hal 98 – 99).