Berikut disajikan kisikisi soal ujian sekolah tahun 2020
mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kurikulum 2013
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 KURIKULUM 2013 | ||
NO. | INDIKATOR | SOAL |
1 | Disajikan paragraf yang terdapat istilah bidang tertentu, siswa dapat memaknai istilah dengan tepat. | 1 |
2 | Disajikan paragraf yang, siswa dapat menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi teks dengan tepat. | 2 |
3 | Disajikan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi permasalahan yang dibahas dengan tepat. | 3 |
4 | Disajikan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi rekomendasi yang disampaikan penulis dengan tepat. | 4 |
5 | Disajikan paragraf, siswa dapat menyimpulkan isi tersirat teks dengan tepat. | 5 |
6 | Disajikan paragraf, siswa dapat menentukan ide pokok dengan tepat. | 6 |
7 | Disajikan kalimat luas, siswa dapat menentukan inti kalimat dengan tepat. | 7 |
8 | Disajikan paragraf yang menggunakan kata rujukan, siswa dapat menentukan makna rujukan dengan tepat. | 8 |
9 | Disajikan dua kutipan teks laporan hasil observasi, siswa dapat membandingkan isi dua teks dengan tepat. | 9 |
10 | Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat membandingkan pola sajian dua teks dilihat dari unsur 5W + 1H dengan tepat. | 10 |
11 | Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat memprediksi kalimat lanjutan teks dengan tepat. | 11 |
12 | Disajikan kutipan teks eksposisi, siswa dapat meringkas isi teks dengan tepat. | 12 |
13 | Disajikan puisi yang menggunakan kata bermakna simbolik/kias, siswa dapat mengartikan kata bermakna simbolik dengan tepat. | 13 |
14 | Disajikan puisi yang menggunakan kata bermakna simbolik/kias, siswa dapat merumuskan makna puisi dengan tepat. | 14 |
15 | Disajikan pantun yang dirumpangkan salah satu baris isinya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan baris yang tepat. | 15 |
16 | Disajikan kutipan cerita pendek, siswa dapat menentukan penyebab konflik dengan tepat. | 16 |
17 | Disajikan kutipan cerita pendek, siswa dapat menentukan konflik cerita dengan tepat. | 17 |
18 | Disajikan kutipan cerita pendek, siswa dapat menentukan nilai moral dengan tepat. | 18 |
19 | Disajikan dua kutipan teks sastra, siswa dapat membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) dengan tepat | 19 |
20 | Disajikan kutipan karya sastra, siswa dapat menilai keunggulan/kelemahan karya dengan depat. | 20 |
21 | Disajikan kutipan karya sastra dengan kalimat bernomor, siswa dapat menujukkan kalimat bukti watak tokoh dengan tepat. | 21 |
22 | Disajikan kutipan karya sastra, siswa dapat mengaitkan isi cerita dengan kehidupan sekarang dengan tepat. | 22 |
23 | Disajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan ungkapan yang tepat. | 23 |
24 | Disajikan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan peribahasa yang tepat. | 24 |
25 | Disajikan lima atau enam kalimat acak bernomor, siswa dapat mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat. | 25 |
26 | Disajikan puisi yang dirumpangkan salah satu baris, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan larik bermajas dengan tepat. | 26 |
27 | Disajikan teks eksposisi yang dirumpangkan salah satu unsurnya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan unsur yang tepat. | 27 |
28 | Disajikan paragraf yang mengandung tiga atau empat kata yang dapat divariasikan, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama dengan tepat. | 28 |
29 | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata penghubungnya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kata penghubung antarkalimat dengan tepat. | 29 |
30 | Disajikan paragraf dengan kalimat bernomor yang terdapat kesalahan penggunaan kata dalam salah satu kalimat, siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata dengan tepat. | 30 |
31 | Disajikan paragraf dengan kalimat bernomor yang terdapat kalimat tidak padu, siswa dapat mengidentifikasi kalimat tidak padu dengan tepat. | 31 |
32 | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kata berimbuhan yang tepat. | 32 |
33 | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan kata penghubung yang tepat. | 33 |
34 | Disajikan paragraf yang terdapat tiga kesalahan penggunaan kata, siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kata dengan tepat. | 34 |
35 | Disajikan paragraf yang terdapat dua kesalahan penggunaan kata, siswa dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan kata dengan tepat. | 35 |
36 | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat (kalimat tidak efektif), siswa dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat dengan tepat. | 36 |
37 | Disajikan paragraf eksposisi yang terdapat kesalahan penggunaan paragraf dalam rekomendasi, siswa dapat memperbaiki kesalahan paragraf dengan tepat. | 37 |
38 | Disajikan lima penulisan judul karya, siswa dapat mengidentifikasi penulisan judul karya dengan tepat. | 38 |
39 | Disajikan paragraf yang dirumpangkan empat tanda bacanya, siswa dapat melengkapi bagian rumpang dengan tanda baca yang tepat. | 39 |
40 | Disajikan kalimat yang terdapat kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca, siswa dapat menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dengan tepat. | 40 |
Uraian | ||
41 | Disajikan teks nonsastra (berita, eksposisi, prosedur, editorial, atau ulasan/resensi), siswa dapat mengidentifikasi struktur teks dengan tepat. | 41 |
42 | Disajikan pragraf yang terdapat kesalahan ejaan (nama geografi dan kata tugas), siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan dengan tepat. | 42 |
43 | Disajikan dua kutipan cerita (cerpen dan cerita rakyat), siswa dapat membandingkan isi dan bahasa kedua kutipan dengan tepat. | 43 |
44 | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan kata dan kalimat tidak efektif, siswa dapat menyunting paragraf dengan tepat. | 44 |
45 | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca, siswa dapat menyunting ejaan dan tanda baca dengan tepat. | 45 |
Baca juga