RPP PJJ MODEL PBL MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS XI PERTEMUAN KE-6: MENYUSUN TEKS PROSEDUR




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
Pertemuan Ke-6

Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali
Alokasi Waktu: 2  x 45 menit
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KD: 3.2, 4.2
Kelas/Semester: XI/I
IPK: 3.2.3, 4.2.3
Materi Pokok: Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui proses pembelajaran dengan model problem based learning, peserta didik mampu menganalisis unsur kebahasaan teks prosedur; menyusun teks prosedur dengan memerhatikan isi, struktur, dan kebahasaan;memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning)

1. Pendahuluan (8 Menit)
a. Guru berkomunikasi dengan peserta didik melalui grup whatsapp untuk segera masuk ke aplikasi zoom, mengecek kehadiran peserta didik melalui aplikasi zoom, mengucapkan salam pembuka, berdoa untuk memulai pembelajaran.
b. Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta didik, mengingatkan peserta didik untuk senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
Guru dan peserta didik log out dari aplikasi zoom meeting.
2. Inti (70 Menit)
a. Orientasi peserta didik kepada masalah (10 menit)
Peserta didik mencermati video dari youtube berkaitan dengan materi pembelajaran yang link atau tautannya dikirimkan oleh guru. Kemudian peserta didik menanggapi atau bertanya jawab tentang isi video tersebut.
b. Mengorganisasikan peserta didik (10 menit)
Guru meminta peserta didik untuk masuk ke google classroom untuk melaksanakan diskusi.
c. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok (20 menit)
Peserta didik mengumpulkan data pada web/blog dengan link yang dibagikan guru dan berdiskusi untuk menganalisis unsur kebahasaan teks prosedur dan menyusun teks prosedur dengan memerhatikan isi, struktur, dan kebahasaan. Tautan yang diberikan oleh guru yaitu,

d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (20 menit).
Peserta didik merumuskan hasil diskusi kelompok dan menyajikan melalui melalui surel (email) dan whatsapp atau aplikasi daring lainnya.
e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (10 menit)
Peserta didik saling memberikan catatan saran dan tanggapan terhadap karya teman/kelompok lain yang dikirim melalui whatsapp atau surel (email) atau aplikasi daring lainnya. Selanjutnya. peserta didik memperbaiki karyanya.
3. Penutup (12 Menit)
a. Peserta didik melakukan refleksi melalui grup whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
b. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran melalui gurp whatsapp, surel, atau aplikasi daring lainnya.
c. Guru memberikan umpan balik dan penugasan melalui grup whatsapp, surel,  atau aplikasi daring lainnya.
d. Guru menginformasikan pembelajaran berikutnya melalui grup whatsapp atau aplikasi daring lainnya.

C. Penilaian
1. Sikap: observasi saat pembelajaran
2. Pengetahuan: tes tulis dan penugasan
3. Keterampilan: produk peserta didik dan praktik

                                                                                           Boyolali, 12 Juni 2020
Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                 Guru Mata Pelajaran,


Drs. Agung Wardoyo                                                         Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                                                NIP 197207081998011001
LihatTutupKomentar