Prinsip-Prinsip Pembelajaran Anak Tunadaksa

tunadaksa yakni: 

· Pelayanan medis; 

· Pelayanan pendidikan; dan 

· Pelayanan sosial yang intinya juga tidak mampu lepas dengan prinsip rehabilitasi dan habilitasi. 

Habilitasi yakni perjuangan yang dijalankan seseorang biar anak menyadari bahwa mereka masih memiliki kesanggupan atau potensi yang dapat dikembalikan meski kemampuan atau kesempatantersebut tersebatas. 

Rehabilitas yaitu usaha yang dikerjakan dengan berbagai macam bentuk dan cara, sedikit demi sedikit mengembalikan kemampuan yang hilang atau belum berfungsi maksimal. 

Dalam acara berguru mengajar, guru hendaknya berusaha mengembangkan kesanggupan atau peluanganak seoptimal mungkin lewat banyak sekali cara yang dapat ditempuh. 





Sumber: Smart A. (2010). Anak cacat bukan kiamat: metode pembelajaran & terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Katahati (Hal. 95-96).
LihatTutupKomentar