RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS X SEMESTER 2 TEKS NEGOSIASI KD 3.11 DAN 4.11



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN XI

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
Materi Pokok
Teks Negosiasi
Kelas/ Smt.
X IPA-IPS/ Genap
Waktu
8 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.11
Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi
4.11
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan, penutup) dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1
Menelaah isi dan struktur teks negosiasi
3.11.2
Menelaah ciri kebahasaan teks negosiasi
4.11.1
Merancang teks negosiasi
4.11.2
Menyusun teks negosiasi






A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menelaah isi, struktur,  dan kebahasaan teks negosiasi; menyusun teks negosiasi; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

B. Kegiatan Pembelajaran
Media                     : Teks Negosiasi
Alat/Bahan            : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit)
1.      Siswa mencermati teks negosiasi yang dibagikan oleh guru.
2.  Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks negosiasi.
3.     Siswa mencari sumber lain berupa teks negosiasi sebagai bahan diskusi kelompok.
4.    Siswa menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks negosiasi, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5.    Siswa menulis teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur,  dan ciri kebahasaannya.
6.    Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks negosiasi untuk ditanggapi oleh siswa lain.
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: produk

Mengetahui,                                              Boyolali, 2 Januari 2020
Kepala Kepala SMA Negeri 2 Boyolali   Guru Mata Pelajaran,



Drs. Agung Wardoyo                               Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                        NIP 197207081998011001
LihatTutupKomentar