Kali ini kita akan mengulas tentang tips Instagram marketing dan ini sangat penting jika Anda saat ini sedang menjalankan suatu bisnis. Karena Instagram merupakan salah satu media sosial yang penggunanya di Indonesia cukup besar, bahkan salah satu terbesar diantara media-media sosial yang lain. Ada yang bertanya, apakah iklan di instragram efektif ?
Dan disana yang lebih menarik adalah audiens atau pemakai Instagram, kalau kita lihat spesifikasinya yang pertama ada dari sisi ekonomi ada di golongan menengah ke atas. Dari sisi gender sebagian besar ada di kaum perempuan yang dia sosialita.
Jadi pada saat mereka upload, biasanya yang diupload adalah pada waktu-waktu punya uang. Berikutnya ada lagi anak-anak atau kaum milenial yang disana juga dari sisi ekonomi adalah menengah ke atas. Dari audiens yang potensial tersebut, tidak jarang kalau para pengusaha, online shop, pelaku UKM berbondong-bondong menggunakan instagram sebagai salah satu tempat untuk memasarkan produk mereka.
Bicara soal Instagram Marketing maka paling tidak ada dua strategi yang bisa digunakan. Yang pertama itu strategi optimasi. Yang kedua adalah strategi dengan beriklan yang berbayar.
Kalau strategi optimasi, blog ini sudah pernah menulis artikelnya bisa Anda cari tentang optimasi Instagram pada blog grosir kulakan ini, nanti teman-teman akan mendapatkan artikel tentang bagaimana cara mengoptimasi Instagram Marketing.
Cuma memang tidak banyak yang mengetahuinya, jadi sebagian orang menganggap mensetup / beriklan di Instagram berbayar itu agak ribet. Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut cara bagaimana menseting iklan berbayar di Instagram.
Yang pertama tentu Anda keluarin dulu Hp-nya tentunya harus pakai Android/Apple. Sebelum Anda mensetup iklan berbayar di Instagram, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yang pertama Anda harus mengupgrade profile instagram ke Instagram Bisnis.
Nah setelah diupgrade Anda juga harus menjadi admin dari Facebook yang dikaitkan dengan akun IG dan syarat terahir atau syarat ke tiga adalah Anda harus mematuhi kebijakan iklan dari Facebook. Setelah Anda memenuhi tiga persyaratan tadi,maka langkah berikutnya adalah buka aplikasi Instagram, setelah muncul seperti ini silahkan Anda masuk ke halaman profile dari IG Anda.
Nah setelah ada di halaman profile, scrol ke bawah cari postingan yang mana yang akan di iklankan. Di pojok bagian kanan bawah ada tombol promosikan, silahkan klik tombol tersebut. Setelah diklik, maka akan muncul halaman baru, silahkan pilih jenis iklan seperti apa yang Anda kehendaki.
Di halaman tersebut ada pilihan, ada iklan untuk profile Instagram kita, ada untuk situs website, ada untuk etalase profile instagram kita, ada juga untuk pesan langsung. Jadi, silahkan Anda bisa pilih sesuai tujuan iklan Anda.
Jika Anda baru pertama kali, di situ akan ada setingan. Misalnya kita edit, ganti menggunakan website. Setelah websitenya kita tulis di sini baru ada pilihan juga tombol tindakannya untuk pelajari selengkapnya, beli sekarang, atau tonton lainnya, hubungi kami, pesan sekarang atau daftar.
Setelah itu baru klik tombol ceklis di atas bagian kanan, setelah itu Anda akan kembali ke halaman awal, tinggal klik saja tombol panah di atas bagian kanan. Dan kita akan masuk ke halaman pilih pemirsa / target audiens Anda.
Jika sudah punya target audiens sebelumnya tinggal pake saja, atau klik otomatis maka sistem Instagram akan memilihkan atau Anda mau buat targeting baru? Kalau saran kami, buat target baru sesuai dengan target audiens yang kita kejar.
Silahkan diklik milik sendiri dihalaman target audiens. Nah di sini ada nama pemirsa, silahkan masukkan nama. Misalnya kami beri nama target 2, terus klik pilihan lokasi. Anda bisa pilih iklan ini mau ditayangkan di lokasi mana. Contohnya kami ingin iklan ini ditayangkan di area Jakarta saja maka kita pilih Jakarta. Dan misalnya Anda masih punya target wilayah yang lain silahkan tambahkan.
Setelah itu klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Kemudian Anda pilih audiens dengan minat apa saja yang ingin Anda sasar. Contohnya, Anda jual kaos, yang sekiranya berminat adalah orang-orang yang berkomunitas. Maka Anda cari komunitas lalu tambahkan minat khusus untuk belanja online misalnya. Dan minat-minat yang lain.
Silahkan Anda bisa identifikasi target dengan minat apa saja yang disasar. Setelah itu silahkan klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Dan terahir ada di usai dan jenis kelamin, silahkan Anda klik di situ kita bisa memilih laki laki atau perempuan dan berapa rentang umur yang ingin kita sasar.
Jika sudah silahkan klik lagi tombol ceklist di atas bagian kanan, maka target yang kita buat tadi sudah ada, tinggal diklik saja. Kita akan dimasukan ke halaman pembelanjaan total Anda atau berapa sih biaya iklan Instagram yang ingin kita setup untuk iklan kita.
Anda bisa milih misalnya harian budget perhari kita memilih untuk ini ada dari 10rb, 20rb, dan kelipatanya. Terus kita juga bisa seting berapa lama durasi iklan ini akan tayang, misalnya kita seting di sini selama lima hari. Setelah itu silahkan klik tombol panah di bagian atas kanan.
Nah, di halaman ini kita sudah ada di tahap terahir dari setting iklan Instragam. Anda bisa cek dulu tampilan iklan dari postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, tinggal diklik saja tampilkan contoh promosi.
Jika Anda sudah yakin, tinggal klik buat promosi, maka pihak IG / Facebook akan mereview iklan Anda layak ditampilkan atau tidak. Sedangkan untuk pembayaran, kalau pembayarannya langsung diseting lewat Instagram maka plihannya hanya ada satu, pembayaran pakai kartu kredit ataupun pakai kartu debit.
Tetapi kalau Anda memilih pembayarannya lewat facebook bisnis, Anda bisa pilih mau pakai kartu kredit/debet atau bisa juga dengan transfer bank. Kalau kami biasanya lebih enak dengan transfer bank, setelah iklan diseting lewat Instagram seperti diatas, langsung masuk ke halaman facebook bisnis. Setelah itu tambah deposit dari budget iklan tersebut. Jika iklan Anda dianggap layak maka tidak akan lama iklan tersebut akan ditampilkan sesuai dengan target audiens yang kita setting sebelumnya.
Setelah promosi atau iklan disetujui oleh IG/facebook maka Anda nantinya dapat melihat hasilnya. Seberapa efektif atau seberapa besar sih jangkauan dari hasil iklan yang tadi kita setting caranya bagaimana? Anda tinggal masuk ke halaman profile, terus klik postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, di bawah dari foto itu ada tombol lihat insight, silahkan diklik maka kita akan ditunjukan seberapa besar atau seberapa efektif sih iklan tersebutdi situ ada interaksi, ada penemuan, ada promosi, dan bla.. bla...-nyanah Anda bisa lihat insight dari hasil iklan yang kita seting sebelumnya.
Nah bagaimana, mudah bukan? Cukup mudah sekali dibandingkan kita harus mensetting iklan lewat facebook bisnis, kalau saya lebih suka langsung seting lewat IG seperti ini dan nanti depositnya lewat facebook bisnis. Baca juga artikel Mengenal Strategi Pemasaran Online Agar Produk Anda Terkenal.
Dan disana yang lebih menarik adalah audiens atau pemakai Instagram, kalau kita lihat spesifikasinya yang pertama ada dari sisi ekonomi ada di golongan menengah ke atas. Dari sisi gender sebagian besar ada di kaum perempuan yang dia sosialita.
Jadi pada saat mereka upload, biasanya yang diupload adalah pada waktu-waktu punya uang. Berikutnya ada lagi anak-anak atau kaum milenial yang disana juga dari sisi ekonomi adalah menengah ke atas. Dari audiens yang potensial tersebut, tidak jarang kalau para pengusaha, online shop, pelaku UKM berbondong-bondong menggunakan instagram sebagai salah satu tempat untuk memasarkan produk mereka.
Bicara soal Instagram Marketing maka paling tidak ada dua strategi yang bisa digunakan. Yang pertama itu strategi optimasi. Yang kedua adalah strategi dengan beriklan yang berbayar.
Kalau strategi optimasi, blog ini sudah pernah menulis artikelnya bisa Anda cari tentang optimasi Instagram pada blog grosir kulakan ini, nanti teman-teman akan mendapatkan artikel tentang bagaimana cara mengoptimasi Instagram Marketing.
Cara Iklan Di Instragram Ads
Daripada Anda menggunakan jasa iklan instragram, lebih baik Anda membuat iklan Instagram sendiri. Dan pada artikel kali ini kami akan lebih fokus pada materi bagaimana cara setup iklan berbayar di Instagram. Sebetulnya mensetup iklan berbayar atau Instagram Ads ini cukup mudah dan cukup gampang sekali bagi pemula.Cuma memang tidak banyak yang mengetahuinya, jadi sebagian orang menganggap mensetup / beriklan di Instagram berbayar itu agak ribet. Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut cara bagaimana menseting iklan berbayar di Instagram.
Yang pertama tentu Anda keluarin dulu Hp-nya tentunya harus pakai Android/Apple. Sebelum Anda mensetup iklan berbayar di Instagram, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yang pertama Anda harus mengupgrade profile instagram ke Instagram Bisnis.
Nah setelah diupgrade Anda juga harus menjadi admin dari Facebook yang dikaitkan dengan akun IG dan syarat terahir atau syarat ke tiga adalah Anda harus mematuhi kebijakan iklan dari Facebook. Setelah Anda memenuhi tiga persyaratan tadi,maka langkah berikutnya adalah buka aplikasi Instagram, setelah muncul seperti ini silahkan Anda masuk ke halaman profile dari IG Anda.
Nah setelah ada di halaman profile, scrol ke bawah cari postingan yang mana yang akan di iklankan. Di pojok bagian kanan bawah ada tombol promosikan, silahkan klik tombol tersebut. Setelah diklik, maka akan muncul halaman baru, silahkan pilih jenis iklan seperti apa yang Anda kehendaki.
Di halaman tersebut ada pilihan, ada iklan untuk profile Instagram kita, ada untuk situs website, ada untuk etalase profile instagram kita, ada juga untuk pesan langsung. Jadi, silahkan Anda bisa pilih sesuai tujuan iklan Anda.
Jika Anda baru pertama kali, di situ akan ada setingan. Misalnya kita edit, ganti menggunakan website. Setelah websitenya kita tulis di sini baru ada pilihan juga tombol tindakannya untuk pelajari selengkapnya, beli sekarang, atau tonton lainnya, hubungi kami, pesan sekarang atau daftar.
Setelah itu baru klik tombol ceklis di atas bagian kanan, setelah itu Anda akan kembali ke halaman awal, tinggal klik saja tombol panah di atas bagian kanan. Dan kita akan masuk ke halaman pilih pemirsa / target audiens Anda.
Jika sudah punya target audiens sebelumnya tinggal pake saja, atau klik otomatis maka sistem Instagram akan memilihkan atau Anda mau buat targeting baru? Kalau saran kami, buat target baru sesuai dengan target audiens yang kita kejar.
Silahkan diklik milik sendiri dihalaman target audiens. Nah di sini ada nama pemirsa, silahkan masukkan nama. Misalnya kami beri nama target 2, terus klik pilihan lokasi. Anda bisa pilih iklan ini mau ditayangkan di lokasi mana. Contohnya kami ingin iklan ini ditayangkan di area Jakarta saja maka kita pilih Jakarta. Dan misalnya Anda masih punya target wilayah yang lain silahkan tambahkan.
Setelah itu klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Kemudian Anda pilih audiens dengan minat apa saja yang ingin Anda sasar. Contohnya, Anda jual kaos, yang sekiranya berminat adalah orang-orang yang berkomunitas. Maka Anda cari komunitas lalu tambahkan minat khusus untuk belanja online misalnya. Dan minat-minat yang lain.
Silahkan Anda bisa identifikasi target dengan minat apa saja yang disasar. Setelah itu silahkan klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Dan terahir ada di usai dan jenis kelamin, silahkan Anda klik di situ kita bisa memilih laki laki atau perempuan dan berapa rentang umur yang ingin kita sasar.
Jika sudah silahkan klik lagi tombol ceklist di atas bagian kanan, maka target yang kita buat tadi sudah ada, tinggal diklik saja. Kita akan dimasukan ke halaman pembelanjaan total Anda atau berapa sih biaya iklan Instagram yang ingin kita setup untuk iklan kita.
Anda bisa milih misalnya harian budget perhari kita memilih untuk ini ada dari 10rb, 20rb, dan kelipatanya. Terus kita juga bisa seting berapa lama durasi iklan ini akan tayang, misalnya kita seting di sini selama lima hari. Setelah itu silahkan klik tombol panah di bagian atas kanan.
Nah, di halaman ini kita sudah ada di tahap terahir dari setting iklan Instragam. Anda bisa cek dulu tampilan iklan dari postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, tinggal diklik saja tampilkan contoh promosi.
Jika Anda sudah yakin, tinggal klik buat promosi, maka pihak IG / Facebook akan mereview iklan Anda layak ditampilkan atau tidak. Sedangkan untuk pembayaran, kalau pembayarannya langsung diseting lewat Instagram maka plihannya hanya ada satu, pembayaran pakai kartu kredit ataupun pakai kartu debit.
Tetapi kalau Anda memilih pembayarannya lewat facebook bisnis, Anda bisa pilih mau pakai kartu kredit/debet atau bisa juga dengan transfer bank. Kalau kami biasanya lebih enak dengan transfer bank, setelah iklan diseting lewat Instagram seperti diatas, langsung masuk ke halaman facebook bisnis. Setelah itu tambah deposit dari budget iklan tersebut. Jika iklan Anda dianggap layak maka tidak akan lama iklan tersebut akan ditampilkan sesuai dengan target audiens yang kita setting sebelumnya.
Setelah promosi atau iklan disetujui oleh IG/facebook maka Anda nantinya dapat melihat hasilnya. Seberapa efektif atau seberapa besar sih jangkauan dari hasil iklan yang tadi kita setting caranya bagaimana? Anda tinggal masuk ke halaman profile, terus klik postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, di bawah dari foto itu ada tombol lihat insight, silahkan diklik maka kita akan ditunjukan seberapa besar atau seberapa efektif sih iklan tersebutdi situ ada interaksi, ada penemuan, ada promosi, dan bla.. bla...-nyanah Anda bisa lihat insight dari hasil iklan yang kita seting sebelumnya.
Nah bagaimana, mudah bukan? Cukup mudah sekali dibandingkan kita harus mensetting iklan lewat facebook bisnis, kalau saya lebih suka langsung seting lewat IG seperti ini dan nanti depositnya lewat facebook bisnis. Baca juga artikel Mengenal Strategi Pemasaran Online Agar Produk Anda Terkenal.