RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 SMA TEKS PROSEDUR KD 3.2 DAN 4.2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II

Mata Pelajaran
Bahasa
Indonesia
Sekolah:
SMA Negeri 2 Boyolali
Materi Pokok
Teks Prosedur
Kelas/ Smt.
XI IPA-IPS/ Gasal
Waktu
8 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
3.2
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
4.2
Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1
Menelaah isi dan struktur teks prosedur
3.2.2
Menelaah ciri kebahasaan teks prosedur
4.2.1
Merancang teks prosedur
4.2.2
Menyusun teks prosedur







A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menelaah isi, struktur dan kebahasaan teks prosedur; menyusun teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.

B. Kegiatan Pembelajaran
Media                     : Teks Prosedur
Alat/Bahan            : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit)
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian.
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit)
1.  Siswa mencermati teks prosedur yang dibagikan oleh guru.
2. Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur.
3. Siswa mencari sumber lain berupa teks prosedur sebagai bahan diskusi kelompok.
4. Siswa menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur, kemudian menuliskannya di kertas karton.
5. Siswa menulis teks prosedur dengan memerhatikan isi, struktur,  dan ciri kebahasaannya.
6. Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur untuk ditanggapi oleh siswa lain.
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit)
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME.

C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: produk

Mengetahui,                                                Boyolali, Juli 2020
Kepala Kepala SMA Negeri 2 Boyolali      Guru Mata Pelajaran,



Drs. Agung Wardoyo                                Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013                         NIP 197207081998011001
LihatTutupKomentar