RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II
Mata Pelajaran | Bahasa Indonesia | Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali | Materi Pokok | Teks Prosedur | |
Kelas/ Smt. | XI IPA-IPS/ Gasal | Waktu | 8 jam pelajaran | ||
Kompetensi Dasar | 3.2 | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | |||
4.2 | Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | ||||
Indikator Pencapaian Kompetensi | 3.2.1 | Menelaah isi dan struktur teks prosedur | |||
3.2.2 | Menelaah ciri kebahasaan teks prosedur | ||||
4.2.1 | Merancang teks prosedur | ||||
4.2.2 | Menyusun teks prosedur | ||||
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menelaah isi, struktur dan kebahasaan teks prosedur; menyusun teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Kegiatan Pembelajaran
Media : Teks Prosedur
Alat/Bahan : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit) |
1. Siswa mencermati teks prosedur yang dibagikan oleh guru. 2. Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur. 3. Siswa mencari sumber lain berupa teks prosedur sebagai bahan diskusi kelompok. 4. Siswa menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Siswa menulis teks prosedur dengan memerhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaannya. 6. Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks prosedur untuk ditanggapi oleh siswa lain. |
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit) |
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: produk
Mengetahui, Boyolali, Juli 2020
Kepala Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001