RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN I
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran | Bahasa Indonesia | Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali | Materi Pokok | Surat Lamaran Pekerjaan | |
Kelas/ Smt. | XII IPA-IPS/ Gasal | Waktu | 8 jam pelajaran | ||
Kompetensi Dasar | 3.1 | Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | |||
4.1 | Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis | ||||
Indikator Pencapaian Kompetensi | 3.1.1 | Mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan | |||
3.1.2 | Mengidentifikasi sistematika surat lamaran pekerjaan | ||||
4.1.1 | Menyusun simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan | ||||
4.1.2 | Mempresentasikan simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan | ||||
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan menyajikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan, memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Kegiatan Pembelajaran
Media : surat lamaran pekerjaan
Alat/Bahan : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit) |
1. Siswa mengamati tayangan video surat lamaran pekerjaan dan memberikan tanggapan atas isinya. 2. Siswa menyusun pertanyaan berdasarkan surat lamaran pekerjaan yang dibagikan oleh guru. 3. Siswa mendiskusikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan tersebut. 4. Siswa mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan dan menyusun simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Siswa melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan memberikan tanggapan. 6. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit) |
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: tes tertulis
Mengetahui, Boyolali, Juli 2020
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.