RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN II
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran | Bahasa Indonesia | Sekolah: SMA Negeri 2 Boyolali | Materi Pokok | Teks Proposal | |
Kelas/ Smt. | XI IPA-IPS/ Genap | Waktu | 8 jam pelajaran | ||
Kompetensi Dasar | 3.13 | Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal | |||
4.13 | Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan | ||||
Indikator Pencapaian Kompetensi | 3.13.1 | Menelaah isi teks proposal | |||
3.13.2 | Menelaah struktur teks proposal | ||||
3.13.3 | Menelaah ciri kebahasaan teks proposal | ||||
4.13.1 | Merancang teks proposal | ||||
4.13.2 | Menyusun teks proposal | ||||
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning, siswa mampu menelaah isi, struktur dan kebahasaan teks proposal; menyusun teks proposal; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Kegiatan Pembelajaran
Media : Teks Proposal
Alat/Bahan : kertas karton, spidol, laptop, infocus
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit) |
1. Siswa mencermati teks proposal yang dibagikan oleh guru. 2. Secara berkelompok, siswa berdiskusi membagi tugas menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks proposal. 3. Siswa mencari sumber lain berupa teks proposal sebagai bahan diskusi kelompok. 4. Siswa menentukan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks proposal, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Siswa menulis teks proposal dengan memerhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaannya. 6. Siswa mempresentasikan hasil diskusi berupa isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks proposal untuk ditanggapi oleh siswa lain. |
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit) |
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: produk
Mengetahui, Boyolali, 2 Januari 2020
Kepala Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001