RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X MIPA-IPS/ Gasal
Materi Pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis | 3.1.1 Mengidentifikasi isi laporan hasil observasi 3.1.2 Menyimpulkan isi laporan hasil observasi |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis | 4.1.1 menyeleksi isi teks laporan hasil observasi 4.1.2 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, siswa mampu mengidentifikasi dan mengintepretasi isi laporan hasil observasi, memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (4 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (4 x 70 Menit) |
1. Siswa mengamati tayangan video laporan hasil observasi dan memberikan tanggapan atas isinya. 2. Siswa menyusun pertanyaan berdasarkan teks laporan hasil observasi yang dibagikan oleh guru. 3. Siswa mendiskusikan isi teks laporan hasil observasi tersebut. 4. Siswa mengidentifikasi dan menginterpretasi isi laporan hasil observasi dan menyusun simpulan isinya, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Siswa melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan memberikan tanggapan. 6. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Kegiatan Penutup (4 x 12 Menit) |
Siswa menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: tes tertulis
Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Teks Prosedur
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | 3.1.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks prosedur 3.1.2 Menyimpulkan informasi dalam teks prosedur |
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis | 4.1.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan dalam teks prosedur 4.1.2. Menyusun pernyataan umum dan tahapan dalam teks teks prosedur |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi teks prosedur; merancang teks prosedur; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan YME.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)
Kegiatan Pendahuluan (3 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (3 x 70 Menit) |
1. Peserta didik mengamati tayangan video prosedur dan memberikan tanggapan atas isinya. 2. Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan teks prosedur yang dibagikan oleh guru. 3. Peserta didik mendiskusikan isi informasi teks prosedur tersebut. 4. Peserta didik mengidentifikasi isi informasi dalam teks prosedur dan menyusun pernyataan umum dan tahapan teks prosedur, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Peserta didik melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan memberikan tanggapan. 6. Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.. |
Kegiatan Penutup (3 x 12 Menit) |
Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1) Sikap: observasi , 2) Pengetahuan: tes tertulis, 3) Keterampilan: tes tertulis
Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok : Surat Lamaran Pekerjaan
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan (6 x 45 menit)
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca | 3.1.1 Mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan 3.1.2 Mengidentifikasi sistematika surat lamaran pekerjaan |
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis | 4.1.1 Menyusun simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan 4.1.2 Mempresentasikan simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan |
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning, peserta didik mampu mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan; menyusun simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan; memiliki sikap mandiri, kerja sama, percaya diri, dan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model discovery learning)
Kegiatan Pendahuluan (3 x 8 Menit) |
Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa, mengecek kehadiran, apersepsi, motivasi, stimulus, menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan, lingkup materi, langkah pembelajaran, dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti (3 x 70 Menit) |
1. Peserta didik mengamati tayangan video surat lamaran pekerjaan dan memberikan tanggapan atas isinya. 2. Peserta didik menyusun pertanyaan berdasarkan surat lamaran pekerjaan yang dibagikan oleh guru. 3. Peserta didik mendiskusikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan tersebut. 4. Peserta didik mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan dan menyusun simpulan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan, kemudian menuliskannya di kertas karton. 5. Peserta didik melakukan kunjung kerja ke kelompok lain dan memberikan tanggapan. 6. Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Kegiatan Penutup (3 x 12 Menit) |
Peserta didik menyimpulkan dan merefleksi pembelajaran, selanjutnya guru memberikan umpan balik dan penugasan, menginformasikan pembelajaran selanjutnya, dan menutup pembelajaran dengan berdoa kepada Tuhan YME. |
C. Penilaian
1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama, dan komunikatif.
2. Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi isi surat lamaran pekerjaan.
3. Keterampilan: Produk hasil menyimpulkan isi dan sistematika surat Lamaran
Boyolali, 12 Juni 2020
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Drs. Agung Wardoyo Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196203011989031013 NIP 197207081998011001
RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA SMA KELAS X, XI, XII
3. RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 KLIK
6. RPP 1 LEMBAR BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER 2 KLIK